URIAH HEEP

Jumat, 04 Desember 2009 komentar





Group band ini berasal dari Inggris, tempat berkumpul dan berkiprah nya para musisi kelas dunia, Uriah Heep didirikan pada tahun 1969. Saat baru mulai berdiri group band ini menjadi bahan kelakar para kritisi musik yang mengatakan Uriah Heep sebagai "The Beach Boys of Heavy Metal"karena gaya melodis lagu-lagunya dan juga gaya koor vocal dan backing vocalnya agak berbau The Beach Boys, sangat kontradiktif dengan di Indonesia, dimana salah satu majalah musik terkenal di Bandung menganggap bahwa Uriah Heep menjiplak Deep Purple, namun sebenarnya gaya musik Uriah Heep merupakan perpaduan antara Progressive Rock, Hard Rock, Heavy Metal, Jazz, dan bahkan unsur musik Country.
Sekalipun Uriah Heep sempat menjadi "raja" di Inggris dan Banua Eropa, group ini tidak pernah berhasil mendobrak pangsa pasar di Amerika dalam penjualan album-albumnya, kecuali 3 buah lagu hit-nya yaitu Easy Livin', Sweet Loraine dan Stealin. Uriah Heep berjaya di perioda tahun 70 an dengan album-albumnya yang menjadi hit dan tentunya telah anda kenal seperti.....
Come Away Melinda, Gypsy, Circle of Hands, Lucy Blues dan lain-lain. Ciri khas musik Uriah Heep terletak pada sound guitar nya Mick Box dan raungan suara keyboard Ken Hensley, sound yang dihasilkan kedua musisi ini sangat mendominasi warna dan corak musik Uriah Heep. "Very 'Eavy..Very 'Umble" adalah album pertama Uriah Heep yang "meledak"sekaligus mengantar group ini kepada kesuksesan, dilanjutkan dengan album kedua mereka "Salisbury" yang warna musiknya cenderung dominan ke arah Progressive Rock, Nama Uriah Heep semakin melambung tinggi setelah mereka merilis album ketiganya "Look At Yourself" dengan lagu "kojo" nya yaitu July Morning, sebuah lagu yang manis dan menyentuh ditengah hiruk pikuknya lengkingan suara gitar Mick Box dan raungan suara Keyboard Ken Hensley.
Selama kiprahnya di belantara musik group ini telah mengalami bongkar pasang personil, tercatat disini Uriah Heep mengganti drummer nya sampai 5 kali, Bass 4 kali, Lead vocal 2 kali.



Pada tahun 1975, Gary Thain Bassist andalan Uriah Heep ditemukan tewas di rumahnya akibat mengkonsumsi heroin secara berlebihan hingga over dosis, Gary Thain meninggal pada usia yang masih sangat muda, 27 tahun.
Tahun 1976 John Lawton (ex Lucifer's Friend) menggantikan posisi David Byron sebagai vocalist utama Uriah Heep, kehadiran John Lawton membawa perubahan yang cukup signifikan pada warna musik Uriah Heep. Corak musik Uriah Heep menjadi cenderung kearah Hard Rock. Bersama John lawton Uriah Heep berhasil menduduki anak tangga pertama dari Top Fourty Chart Hit di Australia dengan lagunya Free Me. John Lawton mengundurkan diri dari posisinya sebagai vocalist Uriah Heep pada tahun 1980 posisinya digantikan oleh John Sloman, kehadiran vocalist baru ini ternyata kurang berkenan dihati para fans Uriah Heep, sehingga tahun 1980 tercatat sebagai tahun kemunduran dari group band ini, ahirnya Ken Hensley pun meninggalkan Uriah Heep, yang dilanjutkan oleh Lee Kerslake yang juga meninggalkan Uriah Heep pada tahun 2007 karena kesehatannya yang merosot drastis, kekosongan in diisi oleh Russell Gilbrook sebagai pemain drum Uriah Heep sampai sekarang, maka satu-satunya personil asli Uriah Heep cuma Mick Box. dengan formasinya yang sekarang Uriah Heep merilis album terbarunya pada tahun 2007 yang berjudul "Wake The Sleeper". Foto berikut dibawah ini adalah foto formasi Uriah Heep sampai sekarang


Demikian sejarah singkat Uriah Heep pada sajian koleksi saya kali ini, sebagaimana biasa dibagian bawah setelah daftar download lagu, saya sajikan extra bonus berupa Video Uriah Heep yang membawakan lagu July Morning, hanya saja ini merupakan formasi Uriah heep yang sekarang.

komentar

Posting Komentar